Oh Adsense! Bisa Gajian Tapi Sedih


Bulan ini kalau tidak aral melintang saya bisa gajian lagi dari adsense blog setelah menunggu selama setahun lebih. Terakhir saya gajian dari adsense blog pada Oktober 2021 sebesar US$116,97. Meskipun miris tapi saya harus bersyukur atas rezeki Nya.

Sebenarnya pada Agustus 2022 saya berpeluang gajian karena penghasilan sudah tembus $100 lebih. Sayangnya ada kebijakan baru dari Adsense yang memisahkan penghasilan Adsense blog dan Adsense youtube.

Disatu sisi saya gembira namun disisi lain saya sedih! Kok bisa?

Penghasilan bulanan Adsense blog sangat kecil cuma dikisaran $5 atau 75 ribu, artinya butuh waktu 20 bulan atau setahun 8 bulan baru bisa gajian lagi dari Adsense.

Ini yang kadang membuat saya malas menulis karena tidak sebanding dengan hasilnya apalagi kalau sampai beli artikel.

Saat ini saya lebih mengutamakan make money dari program lain yang lebih potensial seperti youtube, affiliasi shopee atau jasa jual backlink.

Meski demikian saya belum bisa meninggalkan 100% blog karena sudah menjadi Passion atau gaya hidup. Sesekali saya masih menulis termasuk diblog ini untuk menyalurkan hobi menulis.

Saya akan menulis yang mudah saja tanpa harus melakukan riset yang banyak menyita waktu. Meskipun berat tapi masih ada peluang mendapatkan trafik dari Google.

Share this: