Rahasia Sukses Bisnis Sembako Tehnik Ala China

Bisnis sembako
Bisnis sembako
DWI NEWS-Bisnis sembako merupakan salah satu bisnis populer di Indonesia lihat saja dilokasi yang strategis hampir bisa dipastikan ada toko sembako.Bahkan Tak jarang toko sembako tersebut tumbuh berkembang menjadi toko sembako yang sukses.Nyatanya meskipun bisnis ini tergolong mudah namun untuk menjadikan sebuah toko sembako yang sukses butuh strategi pemasaran yang yahud.

Karena banyak pesaingnya apalagi jika pesaingnya bermodal besar.Lalu bagaimana cara agar bisnis toko sembako bisa sukses? Berdasarkan informasi dari blog bisnis warung setidaknya ada 17 kunci sukses bisnis toko sembako,Penasaran? Berikut informasi selengkapnya:
       
1.Modal.
Tanpa modal yang memadai rasanya sulit meraih kesuksesan.Namun memiliki modal yang besar bukan jaminan bisa sukses.Untuk tahap awal minimal barangnya lengkap walaupun jumlahnya sedikit.

2.Lokasi toko strategis.
Setidaknya lokasi toko sembako Mudah dijangkau,terlihat ,depan jalan yang lebar,lalu lintas warga,ditengah pemukiman padat,parkir memadai.

3.Menentukan Harga Murah.
Salah satu daya tarik pembeli adalah harga yang murah.Namun tidak harus semua murah karena margin keuntungan juga sedikit.Untuk itu harus ada strategi khusus agar toko anda dikenal harganya murah namun sebenarnya tidak semuanya.

4.Pintar mencari barang.
Salah satu faktor yang bisa membuat harga murah adalah pintar mencari agen.Terkadang harga antara agen satu dengan yang lainnya berbeda.Demikian pula dengan kelengkapannya.

5.Pelayanan yang bagus.
Pembeli akan senang apabila anda ramah dan sabar dalam melayani pembeli.Jangan mudah marah apabila ada pembeli yang menawar harga sangat murah.Disamping itu layanan antar dan pemasangan regulator elpiji juga bisa membuat pembeli balik lagi ketoko anda tentu saja layanan antar untuk  jumlah belanja yang banyak atau berat misalnya elpiji 12 kg,Aqua galon,Beras.Bisa juga dengan cara belanja lewat telepon atau sms.

6.Barangnya lengkap.
Salah satu karakter pembeli adalah sekali belanja semua kebutuhannya tersedia semua ditoko jadi tidak perlu ketoko lain.Terkadang pembeli mencari barang ditoko lain tidak ada tapi karena di toko anda ada akhirnya jadi tahu toko anda secara tidak langsung anda sudah mempromosikan toko anda.

7.Cara memajang barang.
Terkadang pembeli tadinya tidak berniat membeli tapi karena melihat barang ditoko jadi membeli.Untuk itu pajanglah barang semenarik mungkin,gampang dilihat dan toko terlihat penuh koleksi barangnya.

8.Komunikasi yang baik.
Seperti kata pepatah pembeli adalah raja.Jangan malas untuk bertanya dulu apa yang dicari misalnya barang yang dicari tidak ada tawarkan barang lain yang sejenis.Jawab pertanyaan apabila pembeli ingin tahu suatu produk atau harga.Terkadang pembeli setelah bertanya lain hari membeli.

Khusus untuk pelanggan tetap toko anda untuk menjalin keakraban ciptakan obrolan ringan ketika pelanggan anda berbelanja hal tersebut akan membuat “Nyaman”belanja ditempat anda dengan catatan bila keadaan toko tidak ramai pembeli.

9.Kendaraan Bemotor.
Walaupun ada agen yang menyediakan layanan antar lebih menguntungkan apabila mencari barang sendiri.Anda lebih leluasa mencari agen dengan harga termurah dan tidak semua barang ada di satu agen terkadang anda harus mencari di agen lain.Oleh karena itu kendaraan minimal motor sangat dibutuhkan untuk meraih kesuksesan.

10.Alat hitung/Kalkulator.
Walaupun terlihat sepele namun alat ini sangat vital.Bayangkan kalau anda menghitung banyak barang tanpa kalkulator,bisa-bisa anda mencari untung malah buntung/rugi.Sediakan kalkulator dengan ukuran sedang dengan tutsnya yang tidak terlalu keras.Cari kalkulator yang ada CHECK nya untuk menghindari kesalahan.

11.Usia Toko.
Biasanya orang akan lebih memilih belanja ke toko yang sudah lama eksis apalagi sudah jadi pelanggan.Disamping sudah nyaman juga cocok dengan pelayanannya.Biasanya yang bisa membuat orang pindah toko karena harga yang lebih murah.

12.Memanfaatkan Momen-momen tertentu.
Ada barang yang sangat laku diwaktu-waktu tertentu.Misalnya Sirup ketika bulan puasa,Keperluan Dapur ketika lebaran.Minuman gelas kemasan ketika Agustus-an.Buku tulis ketika tahun ajaran baru dan lain lainnya.Anda harus hafal momen-momen tersebut kalau sampai terlewat sayang rasanya.

13.Nama Toko Mudah Diingat.
Buat nama toko yang simpel dan gampang diingat sehingga memudahkan orang yang akan mereferensikan toko kita.Untuk pengiriman barang juga akan lebih mudah.Usahakan warga disekitar toko anda mngetahuinya.Selain itu anda bisa juga memasang spanduk yang menyertakan nama toko anda.

14.Lakukan Promosi.
Apalagi apabila anda tokonya baru buka promosi harus gencar di lakukan.Bisa dengan cara bagi-bagi brosur kepada warga sekitar,pasang ditempat strategis,atau menyiapkan brosur ditoko.Bisa juga dengan memasang harga yang besar untuk barng yang murah sehingga setiap orang yang lewat akan lihat,bisa jadi orang tersebut mereferensikan ke warga lainnya.

15.Memilih Agen.
Pilihlah agen yang terlengkap dan termurah untuk efesiensi waktu serta menentukan harga eceran yang bersaing.Agar selalu mendapatkan harga yang termurah usahakan memilih agen langganan lebih dari satu selain itu bisa sebagai alternatif apabila satu agen barangnya kosong bisa mencari di agen lainnya.                                              

16.Jam Operasional yang panjang.
Usahakan buka warung sepagi mungkin dan tutup tidak terlalu sore.Karena yang anda jual adalah kebutuhan sehari-hari dari pagi sampai malam ada saja yang dibutuhkan orang.

17.Jujur.
Usahakan selalu menunjukkan kekurangan kalau memang barang yang anda jual ada cacatnya untuk menghindari kekecewaan pembeli.Dalam hal pembayaran selalu teliti kalau memang lebih kembalikan lagi kepada pembeli.Demikain juga apabila ada barang pembeli yang tertinggal simpan untuk dikembalikan.

Bagaimana Anda tertarik untuk menerapkan Rahasia Sukses Bisnis Sembako Ala China.
Sumber : Bisnis Toko Kelontong

Share this: