Selamat Tinggal Full Time Blogger, Welcome Internet Marketer


Sejak mengenal blogger 11 tahun silam dan tahu kalau ternyata blog bisa menghasilkan uang, saya pernah bercita cita jadi seorang full time. Sekitar tahun 2015 merupakan puncak dimana saya sangat semangat ngeblog atau On Fire!

Saya nulis hampir tiap hari dan saya mulai berani modal membeli domain dan hosting. Diera itu penghasilan dari Adsense sangat menjanjikan. Masih teringat saya pernah mendapatkan klik yang harganya $10. Woow bukan?

Oh ya... cita cita menjadi full time blogger pernah saya tulis di artikel ini Full time Blogger

Saya pun mulai invest blog dengan membeli domain berbayar lagi. Sayangnya mulai tahun 2019, trafik organik sulit di raih. Penyebabnya media besar Tribuns bermain di artikel yang bukan berita atau membidik kata kunci yang dibidik blogger, bahkan sampai niche download hingga Mp3 pun diembat!

Gajian Adsense yang tadinya 2 bulan sekali mundur menjadi 3 bulan sekali, bahkan jika dilihat penghasilan sekarang 20 bulan baru bisa gajian! Apa yang di harapkan dari Adsense sekarang!

Pernah saya mendapatkan sindiran dari blogger lain yang migrasi ke Youtube, jangan sia-siakan umur untuk ngeblog!

Saya pun tersentak! benar juga kata teman saya ini. Saya berpikir, kenapa waktu berharga saya tidak di alihkan ke sesuatu yang lebih produktif? 

Menjadi full time blogger sepertinya tinggal kenangan dan saatnya bangun dari mimpi. Saya harus realistis. Cita-cita menjadi seorang full time internet marketer lebih realistis.

Internet marketer memiliki cakupan yang lebih luas tidak hanya blog saja, ada youtube, affiliasi atau online shop.

Kini, saya sudah bisa menghasilkan uang dari youtube bahkan sudah mendapatkan transferan dari Google sejumlah $1200. Saya juga bisa menghasilkan uang dari Shoppee Affiliasi. Saya pernah juga jadi seorang dropshipper yang telah menjual puluhan produk. Saya tidak menggantungkan penghasilan dari blog saja. Berikut sumber penghasilan internet saat ini:

Kolam internet
sumber penghasilan

Dari gambar sumber penghasilan di atas, saya masih mendapatkan penghasilan dari blog meski bukan dari adsense saja tapi bisa dari content placement direct, Sosiago atau Rajabacklink. Bisa juga dari intelifluence hanya saja peluangnya kecil.

Dari content writer belum saya mulai dan rencananya saya mau jual artikel siap pakai. Begitu juga dari online shop belum saya lakukan, terkendala produknya belum ketemu yang cocok.

Bintang FB juga belum pecah telur, ternyata susah juga dapat bintang. MGID meski ada saldo namun masih kecil, masih jauh dari PO.

Dari Endorse Youutbe, saya menaruh harapan besar. Baru sekali saya mendapatkan endorse meskipun imbalannya produk gratis tapi lumayan.

Shopee Affiliate menjadi prioritas karena saya bisa rutin gajian meski masih dibawah 100 ribu tapi termasuk bagus.

Saya sudah mulai membangun kolam untuk Shopee Affiliate dan sebagiannya sudah bisa digunakan untuk share link. Berikut daftar kolam untuk Shopee Affiliate.

Kolam Shopee Affiliate

Ada PR besar yaitu membuat konten yang teratur di kolam shopee affiliate diatas. Belajar dari pengalaman, niche yang spesifik cukup berpengaruh terhadap konversi.

Ini bukan pekerjaan mudah, karena saya harus usaha didunia nyata sebagai tukang martabak. Saya mengelola blog dan channel youtube juga. Intinya pintar-pintar saya membagi waktu.

Semua berawal dari Mimpi, Semoga saya bisa jadi Full time Internet Marketer!

Share this: