Hebat! PT Pindad Ciptakan Tank Boat Pertama Didunia

Tank boat(Foto Merdeka.com)
DWI NEWS – Indonesia sepertinya semakin diperhitungkan dunia sebagai Negara produsen peralatan militer canggih bagaimana tidak baru-baru ini PT Pindad Indonesia kembali mengeluarkan alat tempur canggih terkini buatannya bernama 'Tank Boat 105mm'. Kapal berbentuk tank ini diklaim belum pernah ada di dunia dan hanya Indonesia yang punya.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Komersial PT Pindad (Persero), Widjajanto seperti yang dilansir merdeka.com,Menurutnya Tank Boat bisa tercipta hasil kerjasama pihaknya dengan PT Lundin Industry Invest dan CMI Defence dari Belgia. Pindad memasang harga Tank Boat sekitar 10 juta sampai 15 juta Euro. Rencananya produk ini mulai dipasarkan Oktober 2017.

Tank boat terbuat dari komposit dengan platform kapal catamaran (double hull). Alat tempur ini mempunyai panjang total 18 meter dan dilengkapi mesin diesel buatan Maschinenfabrik Augsburg-Nrnberg (MAN). Tank Boat mampu melaju hingga kecepatan 40 knots dari perairan dangkal sekitar 1 meter hingga laut lepas.

"Ini kapal pertama, belum pernah ada di dunia. Sangat cocok untuk Indonesia yang punya banyak perairan. Bisa di sungai, danau, rawa karena dia pakai water jet, bukan baling-baling," katanya saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11).

Platform tempur ini juga mempunyai bekal persenjataan lain seperti Remote Control Weapon System (RCWS) dengan kaliber 7.62mm dengan sistem nadir dan navigasi canggih. Keunggulan lainnya yakni menggabungkan konsep kemampuan tempur dengan boad.

"Kita butuh sistem pertahanan seperti ini. Tembakan langsung 5 Km, bisa juga tembakan artileri 16 Km. Juga dilengkapi dengan rudal palarik. Daya jelajah 2.000 mil, kalau Jawa ke Kalimantan tak perlu refil," jelasnya.

Menurutnya, Tank Boat ini sudah banyak peminatnya baik dari dalam negeri seperti TNI dan luar negeri seperti dari Timur Tengah. "Minatnya mulai antre," ujarnya.
(Merdeka)

Share this: