Adsense Blog Kian Terpuruk. Ngeblog Buat Apa?


Setiap melihat dashboard akun adsense, saya jadi sedih. Bagaimana tidak, dulu dimasa jayanya penghasilannya bisa tembus $50 per bulan. Kini semuanya tinggal kenangan. Jadilah iklan adsense hanya sebagai pemanis di blog-blog saya.

Tercatat ada 7 blog yang ada iklannya namun penghasilan hariannya sungguh sangat miris, bisa menyentuh 1500 per hari! Gajian dari Adsense menjadi sesuatu yang sulit dan lama, bisa 2 tahun baru gajian.

Pertanyaan yang selalu menggelayut dibenak saya, Ngeblog buat apa?

Kadang saya berpikir, penghasilan kecil, trafik susah di raih, harga iklan sangat murah, persaingan ketat. Hanya sebuah keajaiban yang akan membuat trafik dari semua blog saya naik!

Pernah terlintas berhenti saja mengelola blog. Jual saja semuanya beserta akun adsensenya. Bahkan pernah saya tawarkan di facebook seharga 10 juta. Namun akhirnya saya hapus postingannnya.

Antara ada dan tiada, mungkin ungkapan ini mewakili gairah ngeblog saat ini. Saatnya berhenti mengharapkan penghasilan dari ADSENSE. Bagaimana tidak, klik Adsense (CPC) cuma dihargai 150 perak, trafik tidak sebanding dengan harga klik iklan.

CPC ADSENSE

Ada sebuah harapan dibalik sulitnya mencari trafik saat ini dan kecilnya harga iklan. 

Blog-blog saya bisa saya gunakan untuk digital marketing dengan Affiliasi atau online shop.

1 klik pengunjung kemudian membeli produk, saya bisa mendapatkan komisi sekitar 1000 hingga 15.000. Apalagi jika saya punya online shop sendiri untungnya bisa lebih besar.

Tanpa trafik yang tinggi pun kalau pengunjungnya sudah HOT (Butuh produk) peluang terjadi konversi sangat besar.

Saya tinggal membidik buying keyword dengan persaingan rendah sehingga bisa muncul dihalaman pertama Google.

Blog bisa saya gunakan untuk mengedukasi target konsumen terhadap sebuah produk dengan menulis artikel review atau pun tips yang berhubungan dengan produk tersebut. Harapannya yang tadinya cold market menjadi Warm market atau Hot market.

Blog juga bisa saya gunakan sebagai landing page dari postingan promosi di media sosial.

Adsense bukan satu-satunya cara menghasilkan uang dari blog. Jika memang sudah tidak potensial kenapa harus dikejar? Mikir!

Share this: