Merintis Usaha Toko Sembako Modal Pinjaman Amankah?

Dwi NEWS-Harus diakui Modal bisa dikatakan komponen poko ketika Anda memutuskan untuk merintis toko sembako,tanpa modal yang memadai cukup sulit untuk mengembangkan toko sembako.Namun saat ini untuk mendapatkan persetujuan pinjaman dari bank tidak terlalu sulit bahkan ada yang tanpa agunan sehingga ada yang menggunakannnya sebagai modal usaha salah satunya merinstis usaha toko sembako.

Memulai bisnis dengan modal pinjaman bukanlah hal yang mustahil karena bisa saja hal tersebut diwujudkan dalam bisnis namun jika modal pinjaman tersebut dipergunakan untuk merintis toko sembako,Amanakah? Nah untuk menjawabnya saya ingin berbagi pengalaman seputar seluk beluk toko sembako sehingga anda bisa menyimpulkan sendiri jawabannya.

Modal yang dibutuhkan untuk buka toko sembako

Untuk merintis sebuah toko sembako yang lengkap dibutuhkan modal yang tidak sedikit,berdasarkan pengalaman saya butuh minimal modal 30 juta baru barangnya lengkap.Jika anda mengajukan pinjaman sebesar itu saya rasa tidak mudah kalau tidak pakai agunan dan resiko jika pinjaman besar cicilan dan bunganya juga besar.Apakah anda sanggup membayar cicilannya

Butuh waktu mendatangkan pelanggan toko sembako

Omset toko kelontong sangat bergantung kepada jumlah pembeli semakin banyak pembeli omsetnya juga semakin besar namun karena keuntungan toko sembako terbilang tipis butuh pembeli yang banyak atau omset yang besar.

Jika anda baru buka toko sembako butuh proses sampai mendapatkan pelanggan yang banyak dan hal itu tidaklah mudah apalagi jika sudah ada pesaing dan sangat tergantung dari berbagai faktor misalnya lokasi,strategi pemasaran atau promosi.

wajar saja jika toko sembako yang baru buka omsetnya belum stabil bahkan bisa saja sepi pembeli.Jika anda buka toko kelontong dengan modal pinjaman otomatis anda harus membayar cicilan tiap bulannya dan jika omsetnya masih kecil penghasilan yang ada tidak bisa menutupi jumlah cicilan yang harus dibayar.
Bisa ditebak akhirnya anda akan mengambil uang modal dan jika hal ini terus berlangsung bisa saja modalnya habis untuk membayar cicilan.

Beberapa barang toko sembako sifatnya mudah rusak

Perlu anda ketahui tidak semua barang toko sembako sifatnya tahan lama ada pula yang mudah rusak tapi banyak dibutuhkan pembeli misalnya beras,telor,terigu,mie instan,gula merah termasuk barang yang ada kadaluarsanya belum lagi jika ada serangan tikus.

Resikonya jika toko anda tak kunjung ramai dan barangnya mandeg atau tidak berputar barang-barang tersebut bisa rusak atau tidak bisa dijual.Hal ini tentu akan merugikan toko anda.
Kesimpulannya buka toko sembako menggunakan modal pinjaman resikonya cukup tinggi apalagi jika anda hanya mengandalkan penghasilan dari toko sembako,lebih amannya menggunakan modal uang sendiri.
(Info Pojok)

Share this: